Masalah pada Power Supply

|| || ,, || Leave a komentar
type='html'>
Masalah pada Power Supply


Ok sahabat Galery catatan, pa kabar??? Pasti baik kan kabarnya!!! Oia ni ada lagi dari kami kalo posting sebelumnya tentang Masalah Pada Motherboard Dan Cara Menanganinya, Nah Posting kali ini adalah yang akan dibahas masalah pada PSU atau Power Suplay. Diamana PSU adalah sebuah perangkat yang paling penting pada computer, terkadang PSU tersebut mempunyai trouble atau masalah, adapun beberapa komponen yang sering kali bermasalah pada power supply, diantaranya adalah :

  1. Kapasitor
  2. Resistor
  3. Sekring
  4. Gate
  5. Diode
Dibawah ini cara Mengecek kerusakan komponen yang ada pada power supply :

Cara pertama
Lepas power supply dari tempatnya, lalu buka tutup power, lihat apa ada kerusakan yang terlihat diantaranya kondensator melembung, resistor terbakar. Kita juga dapat mengeceknya menggunakan ohm meter.




 
 Cara kedua
Coba cek sekring putus atau tidak, cek menggunakan ohm meter dengan skala ukur 1Xohm, jika putus kita dapat menggantinya atau jika belum ada penggantinya, kita dapat memasang sehelai kabel halus dikaki sekring tersebut (cara ini sementara saja).







Cara ketiga
Jika sekring masih dalam keadaan baik, dan tidak ada tanda-tanda terbakar, kita dapat pindah mengecek komponen yang lainn. Berikutnya cek 4 dioda menggunakan avo meter, sesuaikan posisi positif dan negatif diode dengan avo meter (garis putih untuk posisi positif dan yang tidak ada garis untuk posisi negatif).




Cara keempat
Berikutnya cek gate power switch yang nilainya 1 Mohm dan dipasang parallel.

Cara kelima
Jika komponen-komponen tersebut dipastikan rusak, kita dapat menggantinya dengan komponen yang baru (dengan catatan nilai komponen sama). Setelah komponen yang rusak diganti, coba shortkan kabel warna hijau dan warna hitam yang dikonensikan dengan motherboard (seperti artikel sebelumya) jika kipas berputar, maka power supply sudah berfungsi kembali dengan baik.


Cara keenam
Jika kipas masih belum bisa berputar, berarti masih ada komponen yang rusak, coba cek kembali IC, Transistor lainnya lebih teliti lagi.


OK sahabat Galery catatan semua, cuku disini dulu podtingan kami, semoga bermanfaat buat para sahabat semua!!!!!!!!!!!




View the original article here

/[ 0 komentar Untuk Artikel Masalah pada Power Supply]\

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rank