Student-Brains

|| || || Leave a komentar

Student-Brains


Hal-Hal yang Tidak Pernah diLakukan Boss Hebat

Posted: 28 Jan 2014 08:37 PM PST

tidak dilakukan boss hebat
Banyak yang mesti di pikirkan oleh seorang boss di perusahaan atau kelompok namun ada hal penting yang tidak boleh di lewatkan oleh bos tersebut.Sebagai seorang pemimpin, mengetahui hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan kadang memberikan dampak yang lebih besar daripada terfokus pada hal-hal yang harus Anda lakukan. Berikut ini adalah hal-hal yang tidak pernah dilakukan boss hebat :

1. Menunda meminta maaf
Anda tidak perlu meminta maaf jika terlambat meminta maaf. Jika Anda membuat kesalahan, segeralah minta maaf dan bereskan kesalahan itu secepatnya. Anda tentu menginginkan bawahan Anda untuk mengakui kesalahan mereka, jadi berilah contoh yang baik. Sebagai pemimpin, meminta maaf bukanlah hal yang tabu. Jika Anda memang terbukti melakukan kekeliruan, berdirilah dengan tegak dan minta maaflah dengan baik. Hal ini akan memberikan respek dari bawahan Anda kepada Anda.

2. Memberikan penilaian kinerja tahunan
Memberikan penilaian kinerja tahunan merupakan hal yang membuang-buang waktu. Anda harus paham bahwa memberikan masukan (feedback) kepada bawahan Anda tidak perlu dijadwalkan dan tidak perlu menunggu lama. Feedback yang terbaik dilakukan saat itu juga saat bawahan Anda melakukan kesalahan, atau melakukan hal yang membanggakan perusahaan yang perlu diberikan penghargaan. Sebagai seorang pemimpin, sudah merupakan tugas Anda untuk melatih dan mengembangkan bawahan Anda, dan jangan menunggu sampai akhir tahun untuk melakukannya.

3.  Melakukan meeting formal yang kaku untuk mengumpulkan ide
Saat masa-masa sulit, banyak perusahaan yang mengadakan meeting kaku dan formal untuk mengumpulkan ide. Mungkin itu terdengar hebat, apalagi Anda merasa Anda menggaji bawahan Anda dan sedang membutuhkan kontribusi mereka, kan? Tapi Anda tidak membutuhkan sebuah meeting untuk menerima masukan dan ide baru. Saat bawahan Anda tahu bahwa Anda akan selalu siap mendengarkan mereka, mereka dengan sendirinya akan membawakan ide itu kepada Anda. Anda mungkin merasa kesulitan untuk melakukan pendekatan secara personal guna memperoleh ide, dan Anda terbatasi oleh waktu yang sempit, tapi percayalah bahwa bawahan Anda pun sedang berjuang bersama Anda dan mereka akan selalu memiliki ide-ide yang hebat. Terbukalah kepada mereka, dan jadilah pemimpin yang terbuka terhadap masukan, maka Anda akan menerima banyak ide baru tanpa harus mengadakan meeting formal.

4.  Melakukan rencana pengembangan
Rencana pengembangan yang umumnya dilakukan adalah membuat laporan tahunan, membuat aturan-aturan sesuai konstruksi perusahaan, dan sebagainya. Anda harus menyadari bahwa apa yang diharapkan bawahan Anda adalah kemampuan dan pengalaman yang ingin mereka capai, karir yang ingin mereka jalani, dan sebagainya. Jadi saat berbicara tentang rencana pengembangan yang baru, sediakanlah proyek yang sesuai dengan bakat, minat dan harapan pekerja Anda. Sediakanlah training yang nantinya dapat berguna untuk bawahan Anda, yang dapat mengembangkan mereka. Berikanlah media untuk bawahan anda maju.

5.  Meminta bantuan
Banyak sekali boss-boss yang memanfaatkan posisi mereka dan meminta bantuan diluar kepentingan perusahaan, atau memanfaatkan bawahan mereka untuk mengerjakan pekerjaan mereka.  Seorang boss yang baik tidak akan melakukan hal itu. Bersikaplah fleksibel saat fleksibel adalah hal yang harus dilakukan. Janganlah memanfaatkan bawahan Anda dan menuntut mereka membalas bantuan yang selama ini Anda berikan. Pemimpin yang hebat hanya memberi, tidak berharap untuk menerima.
/[ 0 komentar Untuk Artikel Student-Brains]\

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rank