Perkembanganilmu pengetahuan sangatlah pesat, sejalan dengan kemajuan jaman begitu puladengan cara berpikir masyarakat yang cenderung menyukai hal-hal yang dinamis.Semakin banyak penemuan-penemuan atau penelitian yang dilakukan oleh manusia,tidak menutup kemungkinan adanya kelemahan – kelemahan didalamnya, maka dariitu dari apa yang telah diciptakan atau diperoleh dari penelitian tersebut adabaiknya berdasar pada nilai – nilai yang menjadi tolak ukur kesetaraan dalambermasyarakat, berbangsa dan bernegara yaitu sila Pancasila.
Denganberpedoman pada nilai – nilai pancasila, apapun yang diperoleh mausia dalammengembangkan ilmu pengetahuan akan sangat bermanfaat untuk mencapai tujuandalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia guna melaksanakanpembangunan nasional, reformasi dan pendidikan pada khususnya.
1.2 Rumusanmasalah
· Apa paradigma itu?
· Apa peran pancasila dalam paradigma pembangunan?
· Bagaimana kedudukan Pancasila di masa reformasi?
· Bagaimana kedudukan Pancasila dalam perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi?
1.3 Tujuan
· Untuk mengetahui pengertian dari paradigm
· Untuk mengetahui makna Pancasila sebagaiparadigma pembangunan
· Untuk mengetahui kedudukan Pancasila pada masareformasi
· Untuk mengetahui Pancasila dalam perkembanganilmu pengetahuan dan teknologi
2.1. Pengertian Paradigma
Awalnya istilah Paradigma berkembang dalam dunia ilmu pengetahuanterutama yang kaitannya dengan filsafat ilmu pengetahuan. Tokoh yangmengembangkan istilah tersebut dalam dunia ilmu pengetahuan adalah Thomas S.Khun dalam bukunya yang berjudul The Structure of Scientific Revolution (1970:49). Inti sari paradigma adalah suatu asumsi-asumsi dasar dan asumsi teoritisyang umum dan dijadikan sumber hukum, metode serta penerapan dalam ilmupengetahuan sehingga sangat menentukan sifat, ciri dan karakter ilmupengetahuan itu sendiri.
untuk selengkapnya silahkan download di:
Download |
View the Original article
Posting Komentar