Design, Tutorial and Tips Trik Blogger | Lostsector

|| || || Leave a komentar

Design, Tutorial and Tips Trik Blogger | Lostsector


Tips Bagaimana Cara Menghemat Bandwidth Internet

Posted: 25 Jun 2013 03:20 AM PDT

Sekarang ini kebutuhan akan internet telah menjadi kebutuhan pokok hampir di semua kalangan masyarakat. Situasi seperti ini jelas membutuhkan banyak biaya saat anda ingin terhubung ke internet. Untuk mengurangi biaya tersebut, ada kalanya kita dihadapkan penghematan bandwidth. Misalnya, ketika anda menggunakan layanan internet dengan menggunakan biaya yang dihitung berdasarkan quota bandwith. Pada saat quota ini habis, maka anda tidak akan bisa terhubung lagi ke internet atau anda harus membayar biaya tambahan agar bisa terhubung kembali. Hal ini tentu saja akan mendorong kita untuk menghemat penggunaan quota bandwith. 

Jadi, apabila anda ingin melakukan penghematan terhadap penggunaan bandwidth secara efektif dan efisien, berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan.

1. Gunakan Proxy Cache

Sebuah proxy cache dapat membantu anda membatasi jumlah lalu lintas yang dibuat oleh Web browser. Ide dasarnya adalah bahwa ketika anda sebagai pengguna internet  mengunjungi sebuah situs web, server proxy akan menyimpan data-data internet dalam bentuk cache. Sehingga ketika anda mengunjungi halaman web yang sama untuk kedua kalinya, semua konten yang termuat dalam web tersebut tidak harus download semuanya melainkan hanya beberapa konten saja, karena yang lainnya sudah ada di dalam cache. Menggunakan proxy cache tidak hanya menghemat bandwidth, tetapi dapat memberikan kelebihan untuk Mempercepat Koneksi Internet dari sebelumnya. Pelajari selengkapnya...!

2. Menggunakan User Agent

Sebagian besar web akan memeriksa jenis sambungan ketika anda mengakses internet. Pengecekan biasanya dilakukan oleh web melalui jenis browser dan jenis perangkat yang digunakan. Fungsi dari user agen ini akan memberikan informasi kepada web mengenai jenis browser dan perangkat yang digunakan. Misalnya, ketika anda menggunakan perangkat desktop (komputer) dengan browser Google Chrome kemudian anda mengatur user agent ke perangkat iPhone, maka web akan mengarahkannya secara otomatis ke jenis perangkat tersebut. Hal ini tentu saja akan menampilkan web dengan tampilan minimalis (sesuai dengan perangkat iPhone) dengan mengurangi beberapa data dan hanya akan berfokus kepada konten inti saja.

Dengan menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, kita bisa mengubah jenis perangkat untuk menampilkan web dengan melakukan penginstallan add on seperti Ultimate User-Agent Switcher untuk Google Chrome dan User Agent Switcher untuk browser Mozilla Firefox.

User-agent

3. Menonaktifkan Fitur Browser Yang Kurang Penting

Menonaktifkan fitur untuk beberapa jenis browser tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada web agar tidak menampilkan beberapa data yang tidak terlalu penting kedalam browser. Misalnya anda bisa menonaktifkan beberapa atau semua jenis plugin untuk memblokir isi plugin dari web yang dimuat tersebut seperti web yang menggunakan konten dengan animasi flash.

Pilihan lain bukan hanya itu saja, untuk sebagian besar browser memungkinkan anda menonaktifkan gambar atau JavaScript agar mengurangi jumlah data yang ditransfer kedalam browser. Untuk Pengguna Google Chrome, anda bisa melakukan pengaturan untuk memblok gambar, JavaScript dan plugin lainnya seperti pada gambar di bawah ini.

content setting

4. Gunakan 1 (Satu) Jenis Browser

Usahakan jangan menggunakan banyak atau gonta ganti jenis browser untuk anda gunakan berselancar di internet. Jika anda menggunakan browser Mozilla Firefox, maka gunakan Mozilla Firefox saja, begitu pula dengan Google Chrome, Internet Explorer dan beberapa jenis browser lainna. Alasan mengapa harus menggunakan satu jenis browser, karena tiap-tiap browser masing-masing memiliki alat penyimpanan cache data internet.

5. Matikan Semua Pengaturan Update Otomatis

Untuk beberapa jenis program seperti Windows, Antivirus dan beberapa program komputer lainnya biasanya akan melakukan update secara otomatis.

Itulah beberapa Tips Untuk Menghemat Bandwidth Internet. Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada anda. 

5 Alat Defragment Hardisk Drive Terbaik Untuk Windows 8

Posted: 25 Jun 2013 03:17 AM PDT

5 Alat Defragment Hardisk Drive Terbaik Untuk Windows 8 - Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kecepatan kinerja hardisk drive windows adalah melakukan defrag. Tujuannya adalah untuk menempatkan file atau folder yang sejenis kedalam satu ruang hardisk drive secara bersama-sama dan ketika komputer malakukan proses, maka hanya akan mengambil data dari satu ruang pada disk. Ini berarti bahwa men-defrag hardisk juga akan membantu windows pada saat melakukan booting, seperti booting startup dan juga ketika melakukan proses pengolahan data. Untuk itu, dianjurkan untuk melakukan defragment hardisk seminggu sekali agar mampu meningkatkan kinerja komputer anda.

Meskipun sekarang pemasaran windows merupakan pemasaran sistem operasi yang terbesar termasuk pemilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk men-defrag windows 8 komputer. Windows 8 memiliki aplikasi defragment hardisk bawaan, hanya saja masalah yang berbeda sering kali muncul saat menggunakan aplikasi defragment bawaan tersebut dan kebanyakan pengguna merasa bahwa aplikasi tersebut tidak cocok untuk mereka gunakan. Sehubungan dengan itu, banyak perusahaan membuat dan menawarkan apalikasi-aplikasi mereka yang compatible dengan sistem operasi windows 8, salah satu diantaranya aplikasi defragment sebagai alternatif lain yang bisa digunakan.

Untuk itu apabila anda ingin menggunakan aplikasi defragment lain selain bawaan windows 8 tersebut, artikel kali ini saya akan memberikan 5 aplikasi defrag hardisk terbaik dengan masing-masing kelebihan yang mereka miliki, khusus untuk digunakan pada sistem operasi windows 8. Berikut aplikasi-aplikasi tersebut !
Aplikasi Defraggler adalah alat defragment yang sangat mudah untuk digunakan dan aplikasi ini memungkinkan anda untuk melakukan defragment pada file atau folder tunggal. Selain itu alat ini juga sangat ringan untuk digunakan di windows 8 serta mudah dalam instalasinya.

Defraggler

Screenshoot Defraggler
Fitur
  1. Defragmenting Terjadwal
  2. Didukung dengan Banyak Bahasa
  3. Portabel, Aman dan Nyaman.

2. Disk Defrag

Disk Defrag adalah aplikasi lain deframenting hardisk windows 8, ringan, gratis, memiliki pilihan untuk mematikan / me-restart komputer setelah defragmentasi hardisk selesai. Aplikasi ini juga akan membantu anda untuk melakukan defragment hardisk secara terjadwal dan anda juga bisa melakukan defrag untuk beberapa partisi hardisk sekaligus dan tidak perlu lagi untuk mengklik setiap drive satu per satu.

Disk Defrag
Screenshoot Disk Defrag

3. Smart Defrag

Smart Defrag adalah aplikasi gratis yang mendukung waktu boot defragment secara otomatis sesaat setelah komputer menyala dan bekerja secara diam-diam di background tanpa anda sadari. Selain itu kelebihan lain yang bisa dimilik adalah bisa melakukan defrag seluruh partisi hardisk secara bersamaan. Aplikasi ini di desain oleh perusahaan ternama yaitu IObit.

Smart Defrag
Screenshoot Smart Defrag

4. Auslogics Disk Defrag

Jika Anda mencari alat deframenting bersih dan rapi, Disk Defrag Auslogics adalah alatnya. Hal ini meningkatkan kinerja PC Anda dengan defragmenting dan mengatur ulang file pada disk Anda. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk defrag tunggal folder di windows 8 anda dan juga bekerja secara diam-diam.

Auslogics Disk Defrag
Screenshoot Auslogics Disk Defrag

5. WinUtilities Free Disk Defragmenter

WinUtilities Free Disk Defragmenter adalah aplikasi defrag hardisk yang mampu memberikan rincian analisis secara akurat terhadap hardisk yang di defragnya, ringan dan juga cocok untuk digunakan untuk windows versi 7 dan 8.

WinUtilities Free Disk Defragmenter
Screenshoot WinUtilities Free Disk Defragmenter

Itulah 5 Aplikasi Defragmenter Hardisk Drive Tools untuk Windows 8, silahkan pilih kriteria tools tersebut sesuai keinginan anda dan semoga aplikasi yang saya sajikan kali ini bisa memberikan solusi kepada anda. Terima kasih!

Tutorial Cara Install Windows 7 atau 8 Menggunakan Flashdisk

Posted: 25 Jun 2013 04:11 AM PDT

Cara Install Windows 7 atau 8 Menggunakan Flashdisk - Menginstall windows 7 atau 8 ke komputer sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan karena cara dan proses yang digunakan hampir sama ketika menginstallan aplikasi-aplikasi komputer lainnya dan tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk melakukannya. Penginstallan ini terbagi kedalam 2 cara, yang pertama dengan menggunakan CD/DVD Rom (memerlukan kaset DVD) dan yang kedua dengan menggunakan flashdisk. Nah, untuk atikel kali ini, saya akan berbagai Tutorial Menginstall Windows 7 atau 8 cara kedua diatas, yaitu dengan menggunakan Flashdisk. Namun untuk menginstall windows dengan flashdisk, ada 2 langkah yang harus dilakukan, yaitu mengnyalin master windows terlebih dahulu kedalam flashdisk kemudian akan dilanjutkan ke tahap penginstallan.

Namun, sebelum melanjutkan ketutorialnya, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, salah satu diantaranya adalah aplikasi yang digunakan untuk menyalin master windows kedalam flashdisk. Diantaranya adalah sebagai berikut! 
  1. Aplikasi USB/DVD Tool,
  2. Windows dalam bentuk file image ISO
  3. USB Flashdisk Berkapasitas 4GB atau Lebih
  4. Komputer
Setalah semua peralatan yang diperlukan sudah siap, sekarang mari kita lanjutkan ke tutorialnya.

1. Menyalin Windows 7 atau 8 Kedalam Flashdisk

Untuk menyalin master windows kedalam flashdisk, caranya sangatlah mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Install aplikasi USB/DVD Tool yang sudah anda download tadi kedalam komputer anda. 
2. Jalankan aplikasi USB/DVD Tool. Klik "Browse" untuk mencari letak file windows  yang Anda punya kemudian klik tombol


3. Tekan tombol "USB Device"

select usb device

4. Pilih flashdisk yang akan jadi Bootable Windows. Klik "Begin copying"

start copying

5. Tunggu sampai proses penyalinan master windows kedalam flasdisk selesai.

salin master windows

2. Proses Install Windows Kedalam Komputer

Setelah Windows 7 atau 8 sudah ada di dalam flashdisk, selanjutnya lakukan proses penginstallan kedalam komputer. Berikut langkah-langkahnya.
  • Pada saat komputer dalam keadaan off, masukkan USB Drive yang berisi master windows ke port usb yang tersedia.
  • Nyalakan komputer anda dan segera tekan F12 untuk mengatur Booting pada BIOS. Pilihlah USB Drive sebagai pilihan Boot pertama. 
  • Setelah proses booting selesai, akan muncul jendela panel penginstallan. Tekan tombol untuk melanjutkan.
  • Di jendela berikutnya, akan ada beberapa pilihan untuk penempatan Sistem Operasi Windows kedalam partisi mana yang diinginkan (biasanya di drive (C:)). Jika sudah selesai, klik tombol untuk melanjutkan.
  • Beri centang pada "License Agreement" agar tombol yang terdapat pada sudut bawah jendela aktif. Selanjutnya proses penyalinan master windows kedalam partisi hardisk komputer akan dilakukan. Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan restart dengan sendirinya.
  • Ketika komputer kembali menyala, cabut USB Drive dari komputer agar komputer tidak melakukan bootable lagi dari USB Drive. Anda tidak perlu khawatir karena secara otomatis proses penginstalan akan terus dilanjutkan .
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan lakukan beberapa pengaturan hingga prosesnya benar-benar selesai dan sudah bisa digunakan.
      Demikianlah Cara Menginstall Windows 7 atau Windows 8 Menggunakan Flasdisk, apabila ada yang masih kurang jelas, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih!
      /[ 0 komentar Untuk Artikel Design, Tutorial and Tips Trik Blogger | Lostsector]\

      Posting Komentar

      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

      Rank