Design, Tutorial and Tips Trik Blogger | Lostsector

|| || || Leave a komentar

Design, Tutorial and Tips Trik Blogger | Lostsector


Tips Bagaimana Cara Menghilangkan dan Mencegah Jerawat

Posted: 30 Jun 2013 08:00 PM PDT

Jerawat adalah suatu kondisi dimana kulit wajah mengalami pembengkakan kecil berwarna merah dan didalamnya mengandung nanah yang meradang. Penyebab umum terjadinya jerawat karena faktor dari dalam dan dari luar tubuh seperti, pori-pori kulit wajah tersumbat, baik itu oleh kotoran, minyak wajah yang berlebih maupun oleh bakteri, kosmetik, obat-obatan, telepon gengam, stress, masa fuber, sel-sel kulit mati dan lainnya. Jerawat sendiri terdiri dari 3 jenis yakni komedo, jerawat biasa dan jerawat batu. Nah, untuk solusi menghilangkan dan mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah, berikut caranya !

A. Menghilangkan Jerawat dari Dalam

Umumnya tubuh akan menghasilkan minyak secara alami. Tujuannya yakni agar menjaga kesehatan kelembaban kulit tubuh, namun terkadang minyak yang dihasilkan oleh tubuh tidak normal (berlebih) sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Memperbanyak mengkonsumi air putih sangat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya untuk menjaga kesehatan kulit dengan cara membantu kulit untuk melakukan regenerasi sel, mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh, menjaga metabolisme tubuh dan mengontrol sel-sel penghasil minyak tubuh agar tumbuhnya jerawat bisa diminimalisir.

2. Hindari Makan Makanan Berlemak
Makanan berlemak akan memicu tubuh untuk menghasilkan minyak yang berlebih. Hal ini akan berdampak kepada penyumbatan pori-pori kulit dan memicu tumbuhnya bakteri  peyebab jerawat (Propionibacterium Acnes). Jenis makanan yang banyak mengandung lemak seperti kacang-kacangan, gorengan dan lain sebagainya.

3. Jauhi Stress
Stress yang dialami akan membuat tubuh tidak terkontrol dan memicu tubuh untuk menghasilkan minyak berlebih, kondisi kulit tidak stabil dan proses regenerasi sel kulit tidak lancar. Untuk itu, cobalah agar menjauhi stress dengan cara banyak melakukan refreshing atau dengan tidak memikirkan hal-hal yang bisa membuat anda stress.

B. Menghilangkan Jerawat dari Luar

Selain menghilangkan jerawat dari dalam tubuh, cara lain yang bisa dilakukan adalah menghilangkan jerawat dari luar yaitu dengan menggunakan obat-obatan tradisional (alami).

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kulit wajah. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis bisa membantu membuang sel-sel kulit mati. Cara penggunaanya pun sangat mudah, cukup campurkan perasan jeruk nipis dengan sedikit air, kemudian usapkan ke kulit wajah. Tunggu sekitar 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

2. Putih Telur
Putih telur bisa digunakan sebagai masker wajah untuk mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati yang ada pada kulit wajah. Cara menggunakannya yakni dengan cara memisahkan putih telur, kocok hingga berbusa kemudian oleskan kepermukaan kulit, diamkan sekitar 15-20 menit. Lakukan hal ini secara rutin sampai untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Mentimun
Mentimun adalah jenis buah yang mengandung zat yang sangat bermanfaat bagi kulit tubuh serta mudah didapatkan. Untuk menggunakan mentimun sebagai obat untuk menghilangkan jerawat, cukup dengan mengirisnya kemudian menempelkannya pada kulit wajah yang terkena jerawat tersebut, kemudian diamkan kurang lebih sekitar 15 menit.

4. Buah Pepaya
Kandungan vitamin A yang terkandung didalam buah pepaya bisa membatu untuk regenerasi sel kulit, mengangkat sel kulit mati dan membantu melembabkan kulit agar tidak kering. Cara pemakainnya adalah dengan cara menghaluskannya dan menjadikannya sebagai masker. Waktu yang paling baik untuk menggunakan buah pepaya sebagai masker yakni pada malam hari sebelum anda tidur.

5.  Madu
Madu adalah salah satu obat tradisional yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tidak terkecuali untuk menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskannya ke permukaan kulit yang terkena jerawat, diamkan kurang lebih selama 15-20 menit. Setelah itu bilaslah dengan air bersih atau dengan air hangat.

6. Lidah Buaya
Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan lidah buaya, cukup dengan mengirisnya kemudian mengoleskan cairan yang terdapat di dalamnya dan gunakan secukupnya. Lidah buaya ini selain berkhasiat untuk kesahatan rambut, ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan kulit tubuh.

7. Tomat
Obat tradisional lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat ataupun komedo adalah buah tomat. Tomat adalah jenis buah yang banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, salah satu diantaranya untuk menghilangkan dan mencegah tumbuhnya jerawat yang membandel. Cara pemakaian : iris tipis buah tomat, lalu tempelkan ke kulit wajah kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air secukupnya.

C. Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

  1. Rajin Berolahraga
  2. Rutin mencuci muka dengan sabun khusus pencuci muka
  3. Istirahat yang cukup
  4. Jangan pencet jerawat dengan kuku agar jerawat tidak membesar dan menyebar
  5. Konsumsi sayar dan buah yang tinggi akan serat
  6. Biasakan menggunakan handuk yang bersih ketika membersihkan wajah
  7. Dan lain-lain
Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk Menghilangkan atau Mencegah Timbulnya Jerawat pada Kulit Wajah. Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk anda. Terima kasih !
/[ 0 komentar Untuk Artikel Design, Tutorial and Tips Trik Blogger | Lostsector]\

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rank