MAKALAH ALGORITMA DAN STRUKUR DATA
APLIKASI ALGORITMA PADA PEMROGRAMANKOMPUTER GRAFIS
1.1 KriteriaProgram Algoritma dalam Bidang Komputer.
Pada dasarnya, komputer adalah mesin digital, artinyakomputer hanya bisa mengenal kondisi ada arus listrik (biasanya dilambangkandengan 1) dan tidak ada arus listrik (biasanya dilambangkan dengan 0). Dengankata lain, kita harus menggunakan sandi 0 dan 1 untuk melakukan pemrogamankomputer.
Bahasa pemrogaman yang menggunakan sandi 0 dan 1 ini disebut bahasamesin. Karena bahasa mesin sangat susah, maka muncul ide untuk melambangkanuntaian sandi 0 dan 1 dengan singkatan kata yang lebih mudah difahami manusiabiasa disebut dengan mnemonic code. Program algoritma harus komplit, nyata, danjelas.
Bahasa pemrogaman yang menggunakan sandi 0 dan 1 ini disebut bahasamesin. Karena bahasa mesin sangat susah, maka muncul ide untuk melambangkanuntaian sandi 0 dan 1 dengan singkatan kata yang lebih mudah difahami manusiabiasa disebut dengan mnemonic code. Program algoritma harus komplit, nyata, danjelas.
1.2Dasar Pemrograman Grafik
Pada bagian ini, kita akan membahas mengenaidasar-dasar pemrograman grafik. Ada dua syarat utama untuk memulai pemrogramangrafik, yaitu :
1. meng-include-kan file header
2. melakukan proses inisialisasimode grafik yang digunakan oleh komputer. Untuk inisialisasi mode grafikdigunakan perintah initgraph() yang ada di file header graphics.h.Format umum dari perintah ini adalah : initgraph(graphdriver, graphmode,direktori_bgi)
Variabel graphdriver digunakan untuk menyimpan nilaidriver grafis yang ditentukan berdasarkan kartu grafik yang digunakan. Variabelgraphmode digunakan untuk menyimpan nilai mode grafis, sedangkan direktori_bgiadalah tempat file .bgi yang digunakan dalam pemrograman grafik.
A. Fungsi untukmembuat gambar :
Dengan menggunakan format program seperti contoh sebelumnya, kita dapatmembuat gambar gambar lain menggunakan fungsi-fungsi gambar yang disediakanoleh turbo C, diantaranya adalah :
1. garis
Untuk menggambar garis digunakanfungsi line(x1,y1,x2,y2), lineto(x,y) dan linerel(dx,dy). yangberarti penggambaran garis dimulai dari koordinat awal (x1, y1) sampaikoordinat akhir (x2,y2).
2.segi empat
Untuk menggambar segi empat, digunakan perintah rectangle(x1,y1,x2,y2),dimana x1 dan y1 adalah koordinat sudut kiri atas dari persegi panjang, danx2, y2 adalah sudut kanan bawah dari persegi panjang.
3.lingkaran
Untuk menggambar lingkaran digunakan perintah circle(x,y,radius)dimana (x,y) adalah koordinat titik pusat lingkaran, sedangkan radiusadalah jari-jari lingkaran.
4.Elips
Untuk menggambar elips digunakan perintah ellipse(x,y,alpha,beta,rx,ry)dimana (x,y) adalah koordinat titik pusat elips, alpha adalah sudut awalellipse, beta adalah sudut akhir ellipse, rx adalah jari-jari ellipse yangsejajar dengan sumbu x, ry adalah jari-jari ellipse yang sejajar dengan sumbu y.Ellips akan digambarkan tertutup atau terbuka sesuai dengan nilai alpha danbeta-nya, jika ellips ingin digambar tertutup maka alpha harus diisi dengan 0,dan beta harus diisi dengan 360.
Perintah-perintahyang berhubungan dengan pola dan warna diantaranya :
1.setcolor()
Perintah setcolor() berfungsi untuk menentukan warnagambar yang aktif. Sintaks dari perintah ini adalah setcolor(nomor_warna).
2.setbkcolor()
Perintah setbkcolor() berfungsi untuk mengatur warnabackground layar. Sintaks dari perintah ini adalah setbkcolor(nomor_warna).
3.floodfill()
Sintaks dari perintah ini adalah floodfill(x, y,warna_border). Perintah floodfill() berfungsi untuk mengisi suatu wilayahdari posisi (x,y) sampai warna border yang sudah ditentukan.
2.Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untukmemenuhi tugas algoritma dan struktur data yang membahas bagaimana penerapanalgoritma dalam dasar dasar pemrograman grafis.
3.Manfaat
Manfaat dari pembuatan makalah ini khususnya bagimahasiswa adalah mereka memahami bagaimana penerapan algoritma dalam dasar dasar pemrograman grafisterutama yang menggunakan bahasa C
4.Rumusan Masalah
Bagaimana mengimplementasikan algoritma dan strukturdata pada computer grafis?
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa Algoritmaadalah barisan langkah-langkah perhitungan dasar yang mengubah masukan (daribeberapa fungsi matematika) menjadi keluaran. Sedangkan computer grafis adalah Ilmuyang mempelajari rancang bangun berorientasi geometri yang diaplikasikan padacomputer.
Padakali ini akan dibahas tentang algoritmapembuatan grafis pada bahasa C.
1.Pendeklarasian perintah-perintah yang ada di C. karena kita membuat grafik,maka statement #include harus ada.
#include
#include
#include
#include
#include
2. Selanjutnya membuat void mulai model grafik dengan parameter pBGIPathbertipe const. dimana didalamnya program akan mendeteksi driver dan mode yangoptimal untuk computer yang digunakan.
2. Selanjutnya membuat void mulai model grafik dengan parameter pBGIPathbertipe const. dimana didalamnya program akan mendeteksi driver dan mode yangoptimal untuk computer yang digunakan.
{
int GraphicDriver;
int GraphicMode;
detectgraph (&GraphicDriver , &GraphicMode );
initgraph (&GraphicDriver , &GraphicMode , pBGIPath );
return graphresult();
}
int GraphicDriver;
int GraphicMode;
detectgraph (&GraphicDriver , &GraphicMode );
initgraph (&GraphicDriver , &GraphicMode , pBGIPath );
return graphresult();
}
3.Kemudian meng-initialize atau memulai mode grafik dengan menggunakan driver danmode yang telah dipilih secara otomatis. Dan mengembalikan nilai darigraphresult();
voidtutupmodegrafik (){
closegraph();}
Didalam void tutupmodegrafik ()terdapat statement closegraph().Ini fungsinya untuk mentup grafik saat program selesai dijalankan.
4. Selanjutnya kita akan membuat objek. Misalnya kita ambil contoh Objek yangdigunakan ialah dua buah segitiga. Disusun sehingga membentuk satu bintang.Penjelasan dapat dilihat pada koding. Lalu perintah delay(10) berguna untuk memberikanjeda waktu. Sehingga kita dapat melihat objek itu terbentuk secara perlahan.
int main()
{
mulaimodegrafik ("..\\BGI\\");
for(int a=1;a<=200;a++)
{
putpixel(10+a/5,165+a/5,1);//segitiga garis bawah biru
putpixel(90-a/5,165+a/5,1);//segitiga garis kiri biru
putpixel(10+a/2.5,165,1);//segitiga garis kanan biru
delay(10);}
5. Melakukan pembacaan inputan pada keyboard dimana setelah melakukaninputan pada keyboard akan dilakukan pemanggilan procedure tutupmodegrafikuntuk menutup tampilan modegrafik/output.
{
mulaimodegrafik ("..\\BGI\\");
for(int a=1;a<=200;a++)
{
putpixel(10+a/5,165+a/5,1);//segitiga garis bawah biru
putpixel(90-a/5,165+a/5,1);//segitiga garis kiri biru
putpixel(10+a/2.5,165,1);//segitiga garis kanan biru
delay(10);}
5. Melakukan pembacaan inputan pada keyboard dimana setelah melakukaninputan pada keyboard akan dilakukan pemanggilan procedure tutupmodegrafikuntuk menutup tampilan modegrafik/output.
getch();
tutupmodegrafik();
return 0;
}
tutupmodegrafik();
return 0;
}
BAB III PENUTUP
1.Kesimpulan
PenerapanAlgoritma dalam computer grafis adalah sebagai berikut :
a. memanggil perintah-perintah yang ada diC
b. membuat void mulaimodelgrafik denganparameter pBGIPath bertipe const. dimana didalamnya program akan mendeteksidriver dan mode yang optimal untuk computer yang digunakan.
c. meng-initialize atau memulai mode grafikdengan menggunakan driver dan mode yang telah dipilih secara otomatis
d. membuat objek
e. Menampilkan mode grafik/output.
2.Daftar Pustaka
View the Original article
Posting Komentar